Kamis, 05 Juni 2014

Tokoh-tokoh penemu Facebook, Microsoft, twitter dan google

- TOKOH PENEMU FACEBOOK
Pria cerdas yang menjadi tokoh di balik lahirnya facebook adalah Mark Zuckerberg. Ia lahir dengan nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Kota kelahirannya adalah White Plains dan tumbuh besar di Dobs Ferry West Chester Country, sebuah kota kaya di pinggiran Sungai Hudson Amerika Serikat. Zuckerberg beruntung memiliki dua orang tua dengan latar pendidikan yang kuat. Ayahnya seorang dokter sementara ibunya yang berana Karen Zuckerberg berprofesi sebagai psikiater. Mark tumbuh bersama saudanya yang lain: Arielle Zuckerberg, Donna Zuckerberg dan juga Randi Zuckerberg. Dari namanya, siapapun bisa menebak bahwa keluarga Zuckerberg memiliki darah Yahudi. Meski pada faktanya, dengan terang-terangan Mark Zuckerberg mengemukakan bahwa ia seorang atheis yang taat.


Sejak kecil, Mark sudah menunjukkan kepandaiannya. Saat bersekolah di Akademi Phiilips Exter, ia dikenal sangat meguasai studi klasin juga ilmu pengetahuan alam. Setelah lepas dari SMA, ia dikenal sebagai salah satu siswa dengan kemampuan mencengangkan. Ia menguasai (menulis dan membaca) bahasa Prancis, Ibrani, Yunani Kuno dan juga Latin. Berkat kepandaian tersebut yang kemudian mengantarkan Mark Zuckerberg memasuki gerbang Harvard University yang dikenal sebagai tempat mereka yang berotak encer kuliah. Ia bahkan terdaftar dalam dua jurusan sekaligus: Psikologi dan Komputer.
Dalam masa perkuliahan, ia mengajukan sebuah ide untuk membuat sebuah situs pertemanan di antara para mahasiswa. Ide ini muncul dari kebiasaan kampus Harvard yang membagikan Face Book atau buku mahasiwa dengan foto-foto lengkap agar mereka saling mengenal satu sama lain. Sayangnya, ide brilian Zuckerberg ditolak mentah-mentah. Namun, hal tersebut tak membuatnya berhenti. Ia tetap mencari berbagai cara untuk mewujudkan idenya. Langkah pertamanya adalah dengan membuat situs bernama CourseMatch dengan alamat www.coursematch.com. Situs ini memungkinkan semua teman kelasnya berkominikasi secara mudah. Minat terhadap Coursematch tidak terlalu signifikan. Namun Mark tidak berhenti sampai di situ. Ia kemudian membuat situs lainnya bernama Facemash. Mark kemudian meretas data-data mahasiwa Harvard dan memasangnya di Facemash. Perhatian terhadap situs tersebut menjadi besar sebab Mark menambahi fitur untuk memilih siapa di antara mahasiswa tersebut yang paling Hot dan keren. Pancingan Mark ini agaknya berhasil sebab orang-orang kemudian berbondong-bondong mengunjungi Facemash. Melihat hal ini, pihak Harvard geram dan kemudian memutuskan sambungan internet mahasiwanya untuk sementara. Mark diperkarakan sebab tindakan meretasnya dianggap sebagai pencurian data. Mark memang menyampaikan permintaan maafnya, namun ia tak menyesal. Terbukti dengan kelahiran Facebook di kemudian hari yang ia luncurkan secara resmi di tahun 2004. 

Sejak diluncurkan, Facebook menargetkan komunikasi yang mudah di antara para mahasiswa. Namun pada perkembangannya, peminat Facebook tidak lagi terbatas pada mahasiswa antar-kampus. Akhirnya, Mark membuka Facebook secara umum yang menghubungkan semua orang dalam satu situs www.facebook.com . Jika dicermati, sistem yang dipakai facebook tak jauh berbeda dengan Myspace yang lebih dulu muncul. Hanya saja, aplikasi pendukung yang kaya membuat facebook lebih menarik dan unggul dari Myspace.

Sebagai penemu facebook, Mark Zuckerberg memperoleh sejumlah kekayaan yang jumlahnya bukan main. Bahkan oleh majalah Forbes, ia dinobatkan sebagai salah satu pemuda terkaya di dunia. Facebook kemudian mengubah haluan dan tujuan Mark Zuckerberg. Ia memutuskan keluar dari Harvard dan fokus pada pengembangan Facebook. Keputusan ini berhasil membuat Facebook semakin matang bahkan hingga sekarang.



- TOKOH PENEMU MICROSOFT

Bill Gates didaulat sebagai Penemu Microsoft, yakni sebuah program yang memungkinkan seseorang melakukan berbagai aktifitas di komputer. Pada perkembangannya, Microsoft ini kemudian menjadi nama perusahaan yang bergerak di bidang program komputer. Microsoft sendiri saat ini dikenal sebagai yang terbesar di dunia dan membawa kekayaan yang melimpah bagi Bill Gates dan semua punggawa di Perusahaan Microsoft. Meski demikian, harus juga diakui bahwa Gates memang terlahir di keluarga menengah ke atas. Kejeniusannya kemudian membawa ia sebagai orang yang selalu masuk dalam 5 besar orang terkaya di dunia. 


Di awal mula karirnya, Bill Gates keluar dari Harvard dan bekerja bersama Paul Allen di MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems), sebuah perusahaan pencipta minicomputer terbaru. Kemitraan Gates-Allen dengan MITS disebut dengan nama “Micro-Soft”. Setahun kemudian nama tersebut dihapus dan pada tahun 1976, nama “Microsoft” pun didaftarkan di Kementrian Luar Negeri Mexico sebagai nama dagang. Dalam perkembangannya, Gates pun tak lagi kembali pada Harvard untuk menyelesaikan pendidikannya. 

Pada awal karir, Gates memperkenalkan BASIC Microsoft. Namun sayangnya, salinan program ini telah bocor sehingga ia kemudian didistribusikan secara luas. Gates kemudian mengirimkan surat protes yang melarang keras MITS memproduksi dan mendistribusikan BASIC Microsoft tanpa memperoleh bayaran. Sayangnya, surat tersebut tidak digubris. Pada tahun 1976, kemitraan Microsoft dan Mits pun berakhir. Selanjutnya, Microsoft melanjutnya kemitraannya bersama dengan IBM yang menghaliskan apa yang dikenal dengan nama MS-DOS. Keberhasilan kemitraan ini kemudian mengantarkan Microsoft sebagai pemain utama di dalam industri komputer. Tahun-tahun berikutnya, Microsoft kemudian mengembangkan program Windows. Awalnya kemitraannya bersama IBM masih terjalin dengan mengembangkan OS/2. Namun karena adanya pernedaan pandangan, Microsoft kemudia mengakhiri kerjasamanya dengan IBM dan beralih pada pengembangan program Kernel Windows NT. 

Selanjutnya, seperti yang kita lihat sekarang ini, perusahaan yang digawangi Gates dan sahabatnya Paul Allen menjadikan mereka sebagai trilyuner. Sementara itu, kehidupan pribadi sang penemu Microsoft ini juga berjalan baik. Ia menikah dengan seorang wanita bernama Melinda French. Mereka kemudian dikarunia anak bernama Jennifer Kathrine Gates, Rory John Gates, dan juga Phoebe Adele Gates. Keluarga ini hidup bergelimangan harta. Namun sisi dermawan Gates dan Istrinya membuat ia dikenal dunia sebagai seorang yang pemurah dan baik hati. Bahkan yayasannya yang bernama Bill & Melinda Gates Foundation menjadi yayasan transparan terbesar di dunia.


- TOKOH PENEMU TWITTER 

Jack Dorsey, Lahir di St Louis, Missouri tanggal 19 November 1976, merupakan salah satu dari tiga pendiri Twitter yaitu Biz Stone, Evan Willliams, dan Jack Dorseysendiri. ketika usianya baru 24 tahun muncul ide yang sederhana dibenaknya untuk mengubah cara berkomunikasi secara sosial, sebuah ide yang akhirnya berubah menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagaiTwitter. , ia sudah menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 dan adalah untuk menciptakan perangkat lunak open source aplikasi yang berhubungan dengan rute taksi dan kurir pengiriman.

Setelah kuliah di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada saat itu, pesan instan benar-benar mulai luar biasa, dengan AOL Instant Messenger layanan yang sangat populer. Dorsey melihat hal ini dan bertanya-tanya apakah ia dapat menggabungkan ide-ide awalnya untuk menyediakan layanan pengiriman pesan status. “Bagaimana jika Anda dapat berbagi status Anda dengan semua teman-teman Anda benar-benar mudah, sehingga mereka tahu apa yang Anda lakukan, tapi Anda tidak ingin harus menulis seluruh blog entry atau Live Journal entry?”

Seiring berjalannya waktu dan Jack sedang sibuk bekerja pada sebuah solusi pengiriman berbasis web, ia menganggap apakah pesan teks SMS 
dapat dimasukkan ke dalam konsep pesan status interaktif. Kemudian Evan Williams, seorang mantan eksekutif Google, menyediakan dana investasi dan bersama-sama dengan Dorsey dan Stone untuk operasional twitter, Inc. Pada awal 2006 mereka sudah siap, tetapi tidak benar-benar memiliki strategi peluncuran yang aktif.

Pada bulan Agustus tahun 2006twitter lahir, layanan microblogging ini Berbeda dengan layanan blog seperti Blogger, Wordpress dan MultiplyTwitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu dinamakan microblogging. Apabila aktifitas menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga halnya dengan aktifitas yang dilakukan oleh para pengguna Twitter


- TOKOH PENEMU GOOGLE

Larry Page adalah salah seorang pendiri Google dan saat ini Presiden Produk-produk Google Inc. Lawrence E. Page lahir tahun 1973 di Lansing, Michigan dari orangtua Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di Universitas Michigan. Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan mendapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford.


Sementara belajar di Universitas Stanford, Page diperkenalkan kepada Sergey Brin. Kedua tidak memulai sebagai teman, sepertinya tidak setuju pada kebanyakan topik pembicaraan, tetapi akhirnya menemukan sebuah subjek yang telah menjadi sangat menarik bagi mereka berdua. Topik yang Mengambil informasi dari kumpulan data besar. Pasangan ini kemudian menulis apa yang secara luas dianggap sebagai kontribusi mereka, kertas kerja yang disebut "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine". sejak itu menjadimakalah mereka menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses di Stanford University.

setelah mereka mulai bekerja pada sebuah proyek yang kemudian menjadi mesin pencari Google. Setelah mencoba menjual gagasan namun gagal, mereka menulis 
rencana bisnis dan membawa total investasi awal hampir $ 1 juta untuk memulai perusahaan mereka sendiri. September 1998 Google Inc dibuka di Menlo Park, California. Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di Relokasi karena kurangnya ruang, akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang di sebut Mountain View, California. Selama beberapa tahun berikutnya google yang dipimpin oleh Larry dan Sergey Google membuat banyak inovasi dan ditambahkan ke daftar produk dan karyawan (hampir 5.000 tahun 2006). Oktober 2004 Google mengumumkan hasil kuartal pertama mereka sebagai sebuah perusahaan yang ditawarkan publik, dengan mencatat penerimaan sebesar $ 805.9 juta. Pada tahun 2005 Page telah diperkirakan memiliki kekayaan senilai US $ 12 miliar dan menjadi orang urutan ke enambelas dalam daftar majalah Forbes dan membuatnyamenjadi orang ke-27 orang terkaya di dunia.

Pada tahun 2002, Larry bernama Forum Ekonomi Dunia Global Leader for Tomorrow. Ia adalah anggota National Advisory Committee (NAC) untuk Universitas Michigan College of Engineering, dan bersama-sama dengan Co-Founder Sergey Brin, Larry mendapat penghargaan Marconi Prize pada tahun 2004. Dia adalah wali direksi dari X PRIZE, dan terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar