Jumat, 23 Mei 2014

Microsoft word,excel,power point.


A. Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

- Fungsi
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD

-Sejarah singkat microsoft word
Microsoft Word adalah aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Program ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dan lain-lain dengan aneka font (huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi gambar yang unik dan sangat lengkap.
Selain, Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : WordStar (WS), WordPerfect (WP), AmiPro, WordPad, dan lain-lain. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.
Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnyya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007.
Pada tahun
(1981-1990)

B. Microsoft Excel
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program lembar penjabaran yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem – sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS DOS karena disana sudah ada saingannya yakni Lotus 1-2-3. 
           Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul pada November 1987. Microsoft dengan menggunakan keunggulannya, rata – rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Winows terakhir adalah Microsoft Excel 2007.
         Excel menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan program lembar penjabaran yang mendahuluinya. Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau rumus dengan berisi referensi absolut atau referansi relatif terhadap sel lainnya. Excel juga menawarkan perhitungan kembali terhadap sel – sel secara cerdas, dimana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilainya.
            Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk Mengaplikasi, yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsu – fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna.

C. Microsoft Power point
Powerpoint telah mengubah cara orang dalam mentransfer informasi. Dia mengubah metode pengajaran seorang profesor kepada para mahasiswanya. Perangkat lunak ini juga mengubah cara-cara para tenaga marketing dalam menjual produknya kepada konsumen. Powepoint juga mengubah para negosiator saat memaparkan argumentasinya.

Lahirnya Powerpoint ini tak bisa dilepaskan dari sosok pria bernama  Robert Gaskins dan Dennis Austin. Keduanya adalah doktor lulusan Universitas California-Barkeley. Keduanya mengembangkan Powerpoint mulai tahun 1984. Dalam situs resminya, Robert mengungkapkan bahwa Powepoint versi 1.0 (produk perdana) dikeluarkan ke pasar pada April 1987. Powerpoint versi ini hanya bisa dijalankan oleh komputer Macintosh dengan tampilan layar hitam-putih.
Produk ini kemudian dikembangkan, dan akhirnya melahirkan Powerpoint versi 2.0 pada Mei 1988 untuk komputer Macintosh. Versi Windowsnya mulai dipasarkan pada Mei 1990. Dalam versi 2.0 ini, Powerpoint sudah tampil lebih lengkap. Selain berwarna, versi ini juga sudah lengkapi perangkat untuk mengolah gambar.
Proses pengembangkan Poerpoint, kata Robert, seperti tertulis di www.robertgaskin.com, terus berlangsung seiring dengan meningkatnya kebutuhan dalam presentasi. Pada Mei 1992 keluar Powepoint versi 3.0 untuk Window dan versi Macintoshnya diluncurkan pada September 1992. Powerpoint generasi ini sudah dilengkapi dengan perangkat untuk memasukkan video serta animasi. Versi ini jauh lebih sempurna dibanding sebelumnya.
Pada mulanya, Robert mengembangkan sendiri Powerpoint lewat perusahaan perangkat lunak komputer yang didirikannya. Saat mulai dikembangkan tahun 1984, dia menamai Powerpoint dengan sebutan ‘presenter’. Waktu itu, perkembangan bisnisnya masih berjalan sangat natural.
Kehidupan bisnis ini mengalami lompatan drastis pada Juli 1987 saat Microsoft mengakuisisinya seharga sekitar Rp 135 miliar. Begitu diambil Microsoft, nama ‘presenter’ lalu diubah menjadi Powerpoint dan dipatenkan. Dari sinilah bisnis Powerpoint langsung melejit. Banyak orang kemudian memanfaatkannya untuk mentransfer informasi.
Powerpoint lalu menjadi perilaku baru dalam presentasi. Setelah ada Powerpoint, proses presentasi menjadi lebih hidup dan mudah untuk dijalankan. Yang jelas, Powerpoint juga menghemat banyak waktu karena, presenter tidak perlu menuliskan banyak hal di papan tulis, dan menghapusnya begitu papan tulis penuh. Ribuan jam dalam satu tahun bisa dihemat setelah Powerpoint ditemukan.
Di tahun 1992, penjualan Powerpoint menjadi sumber pendapatan besar bagi Microsoft. Saat itu, pendapatan kotor dari penjualan Poerpoint mencapai 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 900 miliar. Angka ini jauh melampaui biaya yang harus dikeluarkan Bill Gates (pendidi Microsoft) untuk mengakuisisi perusahaan penemu Powerpoint itu.
Pada tahun 1994, Microsoft mengeluarkan Powerpoint versi 4.0. Setelah itu, penamaan versi Powerpoint disesuaikan dengan tahun peluncurannya. Pada tahun 1995 muncul Powerpoint versi 95, kemudian pada tahun 1997 muncul Powerpoint 97.  Setelah itu, pada tahun 1999 muncul  Powerpoint Versi 2000, dan tahun 2001 muncul versi 2002. Setelah melalui proses penyempurnaan, pada tahun 2003 kemudian muncul Powerpoint versi 2003, dan tahun 2007 muncul Powerpoint versi 2007. Berbagai versi ini menjadikan Powerpoint sangat memudahkan orang dalam presentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar